Merawat peralatan restoran

     Peralatan restoran yang sebagian besar berbahan stainless memiliki banyak sekali keunggulan di bandingkan dengan bahan besi, selain tahan karat stainless juga lebih bersih dan mudah dalam perawatan, restoran yang menggunakan peralatan stainless lebih enak di pandang karena terkesan lebih bersih.
untuk menjaga agar peralatan tetap dalam kondisi prima, berikut adalah beberapa hal yang dapat di lakukan:
  1. Hindari peralatan terkena cairan kimia keras seperti pembersih keramik (porstek dsb) karena akan menimbulkan lubang kecil seperti pori dan menimbulkan warna kuning yang sulit di bersihkan, apabila telanjur terkena bahan ini maka harus di amplas dan di gosok ulang dan hasilnya tidak akan sama seperti peralatan baru, oleh karena itu apabila restoran dalam proses pemasangan keramik di harapkan semua peralatan yang berbahan stainless di jauhkan dari lokasi.
  2. Awasi peralatan listrik yang terletak di atas atau di dalam peralatan berbahan stainless, karena sifat bahan sebagai penghantar listrik, maka sangat berbahaya apabila terjadi kebocoran arus listrik dan dapat membahayakan bagi orang yang menyentuh peralatan yang terkena arus bocor listrik, pasang grounding pada peralatan stainless yang menggunakan listrik seperti under counter chiller, freezer, bain marie (pemanas air untuk menghangatkan makanan) dan gunakan kabel yang sesuai. 
  3. Bahan stainless juga di pergunakan sebagai bahan dasar pisau oleh karena itu apabila melihat ada bagian atau sisi yang tajam dari peralatan segera hilangkan sisi tajam tersebut dengan cara memotong atau dapat juga menggunakan amplas kasar untuk menghilangkan ketajaman, karena sangat berbahaya dan dapat menimbulkan luka serius.
  4. Membersihkan peralatan setiap hari, mengelap dengan lap basah cukup untuk membersihkan peralatan namun terkadang karena kesibukan restoran sering terlupakan, apabila terlalu lama tidak di bersihkan maka akan timbul flek akibat dari kotoran yang mengendap.
  5. Setelah bertahun tahun di pakai maka perlatan biasanya tidak berkilau lagi dan terkesan buram, pembersih stainless banyak tersedia di supermarket atau toko peralatan, dengan cara menyemprotkan lalu mengelap bagian yang buram, maka peralatan akan berkilau lagi. Namun apabila terdapat banyak baret pada permukaan stainless maka harus di amplas dan di gosok ulang agar permukaan rata kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem pembuangan asap restoran

Instalasi gas untuk dapur komersial

Desain dapur restoran